Catatan Pribadi

kisah hidup

khusus untuk aku http://www.blogpingtool.com

Teleskop melihat benda paling jauh

Dengan teleskop melihat benda paling jauh
Teleskop Hubble sudah 2 kali diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas gambar dan melihat lebih detail dan lebih jauh.
Tahun 2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red. Mampu melihat sampai 480 juta tahun setelah Bing Bang (terbentuknya alam semesta)
Dimasa mendatang ada satu lagi teleskop ruang angkasa. Mampu memberikan gambar kepada manusia sejauh 200 juta tahun setelah Big Bang terjadi.
Tahun 2018 teleskop ruang angkasa Webb seberat 6 ton akan diluncurkan. Bukan saja menemukan apa yang di dapat oleh teleskop Hubble. Tetapi bisa menemukan galaksi muda lainnya, bahkan yang pertama kali terbentuk antara 200-300 juta tahun setelah terjadinya Big Bang.
Sejauh apa teleskop dimasa mendatang, bisa di lihat dibawah ini
Tentang teleskop James Webb Space, teropong ini bertugas mengambil spektrum warna dari objek diruang angkasa dengan sensor Infra Red. Fungsinya melakukan analisa dari kandungan masing masing objek. James Webb Space Telescope nantinya dapat melihat alam semesta lebih jauh lagi. Data yang di dapat untuk menganalisa asal mulai galaksi manusia seperti saat ini.
Seperti gambar diatas ada garis dengan tulisan Year atau tahun dan tanda Redshift. Semakin jauh dilihat maka waktu akan terlihat mundur. Manusia hanya bisa melihat benda diruang angkasa. Benda yang semakin jauh dilihat bukan hanya jaraknya yang jauh. Tapi berhubungan dengan gambar yang ditangkap.
James Webb Space Telescope memiliki cermin lebih besar dari Hubble. Ukurannya mencapai diamter 6 meter. Dirancang selama 5 tahun, sampai hari ini masih terus dilakukan test untuk memastikan teleskop nantinya bekerja dengan baik. Karena apa yang akan diteliti jauh lebih penting dibanding gambar Hubble. Diharapkan teleskop bisa bekerja selama 10 tahun untuk mencari jawaban tentang alam semesat.
Teleskop ini sudah mengalami keterlambatan untuk diluncurkan. Rencana dimulai tahun 1997 dan jadwal peluncuran 2007. Mundur sampai rencana 2013 dan baru diluncurkan pada tahun 2018. Biaya teleskop awalnya hanya 05 milyar, sekarang sudah mencapai 8,8 milyar dollar. Kebutuhan yang besar untuk pembuatan dan pengoperasian teleskop James Webb melibatkan beberapa negara, setidaknya ada 19 negara memberikan bantuan untuk pembuatan dan pengoperasian teleskop ini. Tahun 2011, NASA yang awalnya ikut membantu pendanaan tidak lagi memberikan dana, karena kekurangan dana dari pemerintah Amerika.
Seperti mesin waktu, bila melihat satu galaksi yang jauh sekali dapat dianalisa galaksi tersebut baru berusia 200 juta tahun. Mengapa semakin jauh terlihat galaksi berumur lebih muda. Karena gambar yang ditangkap sudah melakukan perjalanan waktu jutaan bahkan milyaran tahun. Apa yang dilihat manusia sebenarnya bukan gambar sebenarnya, melakukan gambar di waktu lalu.
Gambar yang ditangkap hari ini adalah gambar masa lampau. Perjalanan cahaya menjadi citra yang ditangkap sensor peralatan teleskop hanyalah gambar di masa lalu. Walau disana memiliki waktu yang sama seperti waktu di bumi.
Dibawah ini daftar benda terjauh yang pernah di lihat oleh teleskop
Galaksi MACS J067 7015 terlihat baru berusia 1,8 miliar tahun setelah terjadi Big Bang
Galaksi BDF-3299 terlihat baru 800 juta tahun setelah Big Bang
Galaksi z8 GND-5296 terlihat baru berusia 700 juta tahun setelaah terjadi Big Bang
Galaksi Z8GND6296 juga terlihat antara 500-600 juta tahun setelah terjadi Big Bang, dan muncul akibat gravitasi lensa di ruang angkasa
Galaksi Galaksi EGZ-ZS8-1 terlihat baru berusia 670 juta tahun setelah terjadi Big Bang
Galaksi EGSY8p7 terlihat baru 600 juta tahun setelah Big Bang
Galaksi GN-Z11 terlihat baru berusia 400 juta tahun setelah Big Bang. Tercatat sebagai galaksi terjauh yang pernah dilihat (Maret 2016)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pernah kami baca dengan judul Teleskop melihat benda paling jauh. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Catatan Pribadi
Ditulis oleh: Cahya Convection - Tuesday, December 20, 2016

1 Komentar untuk "Teleskop melihat benda paling jauh"

  1. Titsanium Art - Titanium Dogs Art
    Titsanium Art is one of the latest, innovative and innovative art created by titanium dive knife renowned artists such 2019 ford edge titanium for sale as Karate, Gold race tech titanium Spike, and everquest: titanium edition Titsanium Art. ford fusion titanium for sale

    ReplyDelete