Catatan Pribadi

kisah hidup

khusus untuk aku http://www.blogpingtool.com

Cara kerja navigasi pesawat luar angkasa

Bagaimana pesawat ruang angkasa melakukan navigasi. Atau terus lurus saja
Bila tersesat di sebuah kota, tinggal bertanya kepada orang disekitar. Bila tersesat di hutan, bisa mengunakan teknologi navigasi GPS. Bagaimana bila di ruang angkasa. Bagaimana mengukur dan mengetahui posisi sebuah satelit ruang angkasa, seperti satelit Voyager yang berjalan terus menjauhi bumi. Bahkan bisa mengambil foto beberapa planet dengan tepat. Apakah pesawat tanpa awak harus dilepas begitu saja
Sistem navigasi satelit bagi pesawat ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan navigasi di bumi. Satelit mengunakan signal dari posisi Pulsar. Sebuah bintang neutron yang berputar dan memberikan radiasi sinar dan gelombang cahaya. Sama seperti kapal jaman dulu yang melihat sebuah mercusuar, yang diambil adalah cahayanya. Nakoda hanya melihat arah arah cahaya dari mercusuar. Demikian juga perjalanan cahaya yang tertangkap yang dihitung oleh satelit.
Satelit mengunakan beberapa pulsar untuk menentukan arah. Beberapa pulsar dikenal memiliki putaran konstan dalam hitungan milidetik bahkan lebih akurat dari jam atom. Signal yang ditangkap dari pulsar ini seperti menangkap signal GPS. Pulsar menjadi satelit alami atau konstelasi pulsar di alam semesta (seperti susunan satelit GPS di ruang angkasa). Signal yang diterima dari tiga atau lebih signal pulsar akan ditangkap oleh antena, dan diolah untuk memastikan jaraknya ke bumi serta posisi keberadaan satelit.
Dibutuhkan 3 pulsar atau lebih untuk memperkirakan dan membandingkan waktu kedatangan signal mereka. Peneliti Jerman mengatakan, manusia bisa melokasi dengan tepat sebuah pesawat ruang angkasa dalam hitungan 5 km. Kendala pesawat ruang angkasa adalah menangkap lemahnya signal pulsar, karena berada jauh dan signal yang ditangkap adalah gelombang panjang serta kekuatan signalnya lemah. Perlu antena sangat sensitif dan sangat mahal. Satu satelit setidaknya membutuhkan antena dengan diameter 1 meter.
Hal ini dikemukakan oleh Institusi Max Planck , bagaimana pesawat ruang angkasa bisa terbang dengan arah yang benar. Teknologi navigasi di pesawat ruang angkasa tidak mengunakan GPS seperti di bumi. Tetapi menangkap signal alami dari benda di ruang angkasa lain.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pernah kami baca dengan judul Cara kerja navigasi pesawat luar angkasa. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Catatan Pribadi
Ditulis oleh: Cahya Convection - Tuesday, December 20, 2016

Belum ada komentar untuk "Cara kerja navigasi pesawat luar angkasa"

Post a Comment